cover
Contact Name
Megan Asri Humaira
Contact Email
didaktika.tauhidi@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
didaktika.tauhidi@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
ISSN : 24424544     EISSN : 25500252     DOI : -
Didaktika Tauhidi:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is an Indonesian-language scientific periodicals published by the Faculty of Education twice times a year on every April and October with the submission process of manuscript is open throughout the year. All submitted manuscripts will go through the double-blind peer review and editorial review before being granted with acceptance for publication. Designed as a medium of information and scientific knowledge, Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar publishes research articles, in the area of Teaching and learning, Curriculum, Evaluation, Pedagogic of elementary school teacher, Learning innovation, Developmental psychology, Inclusive eductaion, Management of education, Guidance and counseling of elementary school teachers as well as with their development through interdisciplinary and multidisciplinary approach.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2015): DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar" : 6 Documents clear
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG ANAK AUTIS TERHADAP SIFAT EMPATI MEREKA Noviyanti, Ayu
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2015): DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.785 KB) | DOI: 10.30997/dt.v2i2.306

Abstract

Dengan adanya interaksi sosial setiap harinya, seharusnya siswa regular memiliki penilaian tersendiri tentang temannya yang autis yang disebut persepsi. Persepsi adalah cara orang lain mengamati atau melihat sesuatu yang dapat memengaruhi tindakan atau perilaku seseorang. Anak Autis adalah mereka yang memiliki kelebihan dalam akademis, sosialisasi, emosi atau perilaku. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa regular tentang anak autis terhadap sifat empati mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Populasi dan sampel dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas 6 Sekolah Alam Bogor. Berdasarkan temuan analisis regresi linier sederhana, nilai koefesien determinasi pada hasil penelitian sebesar 13,5 %, koefesien F sebesar 6,089, dan P-value sebesar 0,018 yang lebih kecil dari ɑ = 0,025. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dengan taraf signifikansi sebesar 0,025 bahwa terdapat pengaruh yang baik antara persepsi siswa tentang anak autis dan sifat empati mereka.Kata kunci: anak autis, persepsi siswa, sifat empati.EFFECT PERCEPTION OF STUDENTS ABOUT CHILDREN WITH AUTISM OF THE NATURE OF THEIR EMPHATY Abstract With the social interaction everyday, regular student should have his own assessment of Autism called perception. Perception is the way other people watching or seeing something that can affect a person action of behavior. While children with Autism is that they have an adventage in academic, social, behaviour or emotion. This research is made to determine the effect of regular student about children with Autism on the Nature their Empathy. This research is a quantitave research using descriptive analysis method. Population and sample of this research is the student Grade 6 School Nature Bogor. Based on finding of Simple Linier Regression Analysis Coefficient of Determation on the results of the study 13,5%. And the Coefficient F be 6,089 and P-value = 0,018 and smaller than ɑ = 0,025. Then concluded with a significance level of 0,025 that there is a good influence between student perception of with autism and their empathy trait.
KETERAMPILAN MENULIS ESAI NARATIF BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI PEER REVIEW Sya, Mega Febriani
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2015): DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (903.194 KB) | DOI: 10.30997/dt.v2i2.307

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis esai naratif melalui penerapan peer review di kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas sebelas SMA Al Azhar Syifa Budi Jakarta. Beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dalam menulis esai naratif yakni tujuan komunikatif yang ingin disampaikan, pengorganisasian menulis paragraph, dan tata bahasa yang tepat dalam mengekspresikan suatu kejadian di masa lampau. Proses pembelajaran harus didesain agar bisa mengontrol motivasi dan minat peserta didik. Interaksi sosial di kelas juga bisa membantu peserta didik agar lebih berhati-hati dalam menulis. Data dikumpulkan melalui observasi, pre test, catatan kolaborator, dan tes akhir. Berdasarkan observasi awal sebagai data pertama, maka disusunlah tiga siklus yang diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis esai naratif peserta didik. Peningkatan keterampilan tergambar dari hasil tes pada setiap akhir siklus. Penelitian ini dilaksanakan selama satu semester yang terdiri dari tiga siklus. Perlakuan diberikan pada siswa di tiap-tiap siklus yang diikuti dengan tes pada akhir pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan keterampilan menulis peserta didik bisa digambarkan berdasarkan hasil tes dan penilaian akhir penulis dan kolaborator. Hasil akhir yang diperoleh menunjukkan bahwa setelah peserta didik mengikuti proses pembelajaran dengan peer review di kelas, terdapat peningkatan keterampilan menulis esai naratif bahasa Inggris.Kata kunci: karangan naratif, tutor sebaya, bahasa Inggris, menulis, penelitian tindakanTHE IMPROVEMENT OF NARRATIVE ESSAY WRITING ABILITY THROUGH PEER REVIEWAbstractThe research of this action aimed to improve students ability in narrative essay writing through peer review. The subject of this research was the elevents year students of SMA Al Azhar Syifa Budi Jakarta academic year 2012/2013. The data has been collected through observation, pre test, certain treatment, collaborator arguments, and final test. Acording to the early observation, three stages had been planned, in order to improve syudents essay writing. The improvement of the students narrative essay writing has been described by the final tests of the each stage. There are some aspects should be considered in writing of essay narrative; the communicative purpose, the organization of the text, and the proper sentence grammar. Teaching learning process must be organized to keep the students motivation. The social interaction of the class can help the students to write more carefully. This action research was being conducted for one semester that consist of six meetings in three cycles. There are two meetings for each cycle. The treatment has been done in each cycle and joined the posts test at the end of the class. The data was analyzed in qualitative and quantitative procedures. The students improvement can be described by the final tests and the final judgement of the researcher and collaborator. The result of the study described that there were students improvement on the writing narrative text by the application of the peer review in the classroom. 
LEGENDA BATU HIU: ANALISIS STRUKTUR, KONTEKS PENUTUR, FUNGSI, DAN MAKNA Humaira, Megan Asri
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2015): DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (898.174 KB) | DOI: 10.30997/dt.v2i2.308

Abstract

Legenda Batu Hiu merupakan salah satu contoh dari bentuk folklor lisan. Legenda Batu Hiu ini sangat menarik untuk diteliti karena ceritanya disebarkan atau diwariskan secara lisan oleh masyarakat setempat sehingga memiliki cerita yang bervariasi dan bersifat pralogis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur, fungsi, dan makna yang terkandung dalam legenda Batu Hiu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini dilakukan untuk memahami fakta-fakta yang ada dibalik kenyataan yang dapat dilihat atau diindrai secara langsung. Dengan metode ini, akan diperoleh deskripsi struktur, konteks penuturan, fungsi, dan makna legenda Batu Hiu dengan menyeluruh. Legenda Batu Hiu ini memiliki hubungan sebab akibat yang diuraikan dalam bentuk 32 fungsi-fungsi utama. Pengaluran dalam legenda ini termasuk alur maju karena alur dari cerita ini diuraikan secara runtut. Legenda Batu Hiu ini memiliki fungsi-fungsi tertentu yakni sebagai alat pendidikan, pelipur lara atau hiburan, alat pengesahan kebudayaan, alat pemaksa berlakunya norma-norma sosial, dan alat pengendali sosial. Dari hasil penelitian ini, masyarakat diharapkan dapat melihat dan mengikuti jejak-jejak kebaikan yang terkandung dalam legenda ini. Selain itu, masyarakat diharapkan juga sadar akan peran masing-masing dalam berkeluarga maupun bermasyarakat.Kata kunci: analisis struktur, fungsi, konteks penuturan, legenda Batu Hiu, makna. BATU HIU LEGEND: STRUCTURE ANALYSIS, NARRATIVE CONTEXT, FUNCTION, AND MEANING AbstractLegend of the Batu Hiu is one example of this form of oral folklore. Batu Hiu legend is very interesting to study because the story is spread or passed down orally by local people that have variation stories and contain illogical stories. The purpose of this study is to investigate the structure, function, and meaning contained in Batu Hiu legend. The study used a descriptive qualitative method. This method is carried out to understand the facts occur behind the fact that it can be seen or sensed directly. With this method, we get a description of the structure, the narrative context, function and meaning of the legend of Batu Hiu thoroughly. The legend of the Batu Hiu have a causal relationship described in the form of 32 key functions. The story flow in this legend include advanced workflow because the flow of the story is described coherently. Batu Hiu legend has certain functions namely as an educational tool, solace or entertainment, cultural validation tools, means of compulsion into effect of social norms, and social control. From these results, the public expected to see and follow the traces of goodness contained in this legend. In addition, the community is expected to also be aware of their respective roles in the family and community
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR Karlinawati, Lina
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2015): DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.779 KB) | DOI: 10.30997/dt.v2i2.304

Abstract

Penelitian koresional ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap percaya diri siswa SDN Cimpaeun I, Kecamatan Tapos, Kota Depok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD berjumlah 360 siswa dan sampel penelitian adalah siswa kelas VI A berjumlah 35 siswa yang dipilih secara acak (random sampling). Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi antara variabel X (kecerdasan emosional siswa) dan variabel Y (rasa percaya diri siswa) diperoleh rxy sebesar 0,591. Koefisien korelasi tersebut apabila kita lihat pada tabel tingkat keeratan di atas ada pada kategori hubungan cukup kuat karena terletak antara 0,40- 0,599. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tingkat keeratan variabel kecerdasan emosional siswa dengan variabel rasa percaya diri siswa adalah cukup kuat. Tabel model summary menunjukkan hasil KP = R Square x 100% = 0,350 x 100% = 35,0%. Hal ini menyatakan kecerdasan emosional memberikan kontribusi dengan rasa percaya diri siswa sebesar 35% atau dapat disimpulkan rasa percaya diri siswa berhubungan dengan kecerdasan emosional 35%, sedangkan sisanya 65 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebut dalam penelitian ini.Kata kunci: kecerdasan emosional, sikap percaya diri.THE RELATIONSHIP BETWEEN EMOTIONAL INTELLIGENCE WITH ATTITUDE OF CONFIDENCE IN CLASS VI PRIMARY SCHOOLAbstractThis correlational research aimed to describe the relationship between emotional intelligence and confident attitude of students SDN Cimpaeun I Tapos Depok subdistrict. The population in this research across six graders numbered 360 students and the study sample is graders VI A numbered 35 students randomly selected. Based on the calculation of correlation coefficient between variables X (student emotional intelligence) and variable Y (confidence students) obtained rxy 0,591. The correlation coefficient if we look at the table at the top level of closeness is in the category of relationship is strong enough that lies between 0,40 to 0,599. It can be concluded that the level of closeness students with emotional intelligence variable confidence students are strong enough. Model Summary table shows the results KPH = R Square x 100% = 0,35 x 100% = 35%. This suggests emotional intelligence contributes to the confidence of students by 35% or can be inferred confidence associated with the students' emotional intelligence 35% while the remaining 65% are influenced by other factors not mentioned in the research. 
PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA MELALUI IMPLEMENTASI ISLAMIC FULL DAY SCHOOL Ariah, Ariah
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2015): DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (886.187 KB) | DOI: 10.30997/dt.v2i2.309

Abstract

Tugas besar lembaga pendidikan atau sekolah, khususnya pendidikan dasar yaitu membentuk kepribadian peserta didik melalui pendidikan karakter. Pendidikan dalam pembentukan karakter siswa merupakan tujuan pendidikan nasional. Salah satu karakter yang sekarang dianggap relatif lemah adalah karakter kemandirian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembentukan karakter kemandirian siswa di SDIT Al Khairiyah Bogor melalui implementasi Islamic full day school. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Pembentukan karakter kemandirian siswa melalui implementasi Islamic full day school di SDIT Al Khairiyah menunjukkan 40,2% siswa mandiri pada aspek emosional, 30,9% siswa mandiri pada aspek perilaku, dan 57,8% siswa mandiri pada aspek nilai.Kata kunci: karakter mandiri, islamic full day.CHARACTER BUILDING INDEPENDENCE THROUGH IMPLEMENTATION OF ISLAMIC STUDENTS FULL DAY SCHOOL AbstractThe great task of education institutions or schools, particularly primary education that is shaping the personality of students through character education. Education in shaping the character of the student is a national educational purposes. One of the characters that are now considered to be relatively weak is the character of independence. The research purpose of this study was to determine the independence of character formation of students in SDIT Al Khairiyah Bogor through the implementation of Islamic full day school. This research method is descriptive qualitative. Based on the research that students' independence of character formation through the implementation of Islamic full day school in SDIT Al Khairiyah showed 40,2% of students independently on the emotional aspect, 30,9% of students independently on behavioral aspects and 57,8% of students independently on the value aspect.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MAGNETIK Ismawati, Ismawati
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2 (2015): DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.916 KB) | DOI: 10.30997/dt.v2i2.305

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas belajar siswa pada konsep dasar operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan media alat peraga papan magnetik. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Klapanunggal 03 Bogor yang terdiri dari 29 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) nilai ratarata hasil belajar matematika dengan menggunakan media visual papan magnetik pada siklus I memperoleh nilai 65,9 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 62%, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 76,5 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 86%, (2) hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan persentase sebesar 62% pada siklus I, meningkat pada siklus II dengan persentase 82,7%, sehingga dapat mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan pada siklus II. Dengan demikian, hasil belajar dan aktivitas belajar matematika siswa SDN Klapanunggal 03 Bogor dapat dItingkatkan dengan menerapkan media papan magnetik.Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, media papan magnetikEFFORTS TO IMPROVE THE STUDENT MATHEMATICS LEARNING RESULT OF THE ROUND NUMBERS THEMA USING MAGNETIC MEDIA BOARDAbstractClass action research aims to improve mathematics learning result and learning activities of students on the basic concepts of integer arithmetic operation using the media props magnetic board. This study was conducted by two cycles using Kemmis and Mc Taggart cycle model. The subjects in this study is the entire fourth grade students of SDN 03 Klapanunggal Bogor consisting of 29 students. Data was collected using observation techniques, test results and documentation study. These results indicate that: (1) the average value of the results of learning mathematics by using visual media magnetic board in the first cycle to obtain the value of 65,9 with learning completeness percentage of 62%, while the second cycle obtain an average value of 76,5 with learning completeness percentage of 86%, (2) the observation of the students showed an increase in activity of students with a percentage of 62% in the first cycle, increased in the second cycle with the percentage of 82,7%, thus achieving the success criteria that are expected in the second cycle. Thus, learning outcomes and student mathematics learning activities SDN Klapanunggal 03 Bogor can be improved by applying a magnetic board media.

Page 1 of 1 | Total Record : 6